5 Cara Minum Teh Hijau Agar Cepat Kurus: Aman untuk Diet!

5 Cara Minum Teh Hijau Agar Cepat Kurus: Aman untuk Diet!
Miska Syahirah
Miska Syahirah
November 22, 2023
8 menit membaca

Cara minum teh hijau agar cepat kurus bisa dilakukan dengan beberapa tips.

Teh hijau adalah jenis teh dari tumbuhan Camellia sinensis yang dikenal memiliki berbagai kandungan baik untuk tubuh.

Tentunya, kandungan yang baik ini perlu didukung dengan pola hidup dan pola makan yang sehat juga.

Kamu perlu mengonsumsi buah dan sayur serta rajin berolahraga untuk melancarkan sistem metabolisme sehingga manfaat teh hijau untuk diet atau menurunkan berat badan bisa kamu dapatkan dengan maksimal.

Selain itu, konsumsi air putih minimal 2 liter per harinya juga bisa membantu melancarkan kinerja metabolisme tubuh sehingga dapat membantu membakar lemak di tubuh kamu.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Lantas, bagaimana cara minum teh hijau agar cepat kurus yang benar dan efektif? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Minum Teh Hijau agar Cepat Kurus

Cara minum teh hijau agar cepat kurus yaitu dengan tidak menambah bahan buatan lain seperti gula.

Jenis teh hijau dianggap sebagai obat di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu ini terbilang unggul dibandingkan dengan jenis teh lainnya karena mengalami proses pengolahan yang lebih singkat.

Proses pengolahan tersebut dapat membuat kandungan nutrisi dalam teh tetap terjaga.

Di antaranya teh hijau memiliki kafein, antioksidan, kalsium, serat, fosofor, protein, beta-karoten, niacin, zat besi, kalium, natrium, zink, lemak, vitamin B1, B3, B2, dan C. 

Adapun kafein yang terkandung di dalam teh hijau yang diseduh menurut Critical Review in Food Science and Nutrition dipercaya dapat menurunkan berat badan dan pengurangan lemak pada tubuh.

Selain itu, menurut Healthline menyeduh daun teh hijau asli memiliki Epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh bahkan sekalipun pada saat sedang beristirahat.

Sehingga diklaim efektif untuk menurunkan berat badan.

Berikut merupakan cara minum teh hijau agar cepat kurus:

1. Tidak Menambahkan Perasa Buatan

Penambahan perasa buatan dalam menyeduh teh hijau dengan gula, madu, susu, atau krim sangat tidak dianjurkan untuk yang sedang ingin diet dan cepat menguruskan badan.

Sebab, meminumnya dengan menambahkan 1 sendok teh gula dapat meningkatkan kandungan kalori di dalam teh hijau sebesar 86 kalori.

Sedangkan secangkir teh hijau polos tanpa pemanis buatan hanya memiliki 2 kalori saja. Sehingga dapat mendukung saat menjalani program diet secara lebih optimal.

2. Minum Teh Hijau Selagi Hangat

Sebenarnya, minuman teh hijau bisa dinikmati dalam berbagai kondisi, baik itu selagi hangat ataupun dingin.

Namun, apabila konsumsi minuman teh hijau ditujukan untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya teh hijau dinikmati ketika selagi masih hangat dengan menggunakan air panas suhu 80-90 derajat celcius.

3. Menambahkan Rempah-Rempah

Cara selanjutnya adalah dengan memasukkan beberapa rempah ke dalam cangkir teh hijau.

Teh hijau dipercaya memiliki manfaat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, memperbaiki nafsu makan, dan melancarkan proses metabolisme tubuh dengan berbagai kandungan nutrisi baik di dalamnya.

Maka dari itu, agar manfaat tersebut bisa terserap tubuh secara lebih maksimal dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa bahan alami rempah-rempah, seperti jahe, daun, kayu manis, lemon, mint, serai dengan takaran secukupnya.

Selain manfaat dalam teh hijau yang sudah dicampur rempah-rempah tersebut juga dapat semakin memperkaya rasa dan aroma teh hijau menjadi jauh lebih nikmat. 

4. Tidak Menggunakan Kantong Teh Berulang Kali

Kantong produk teh hijau yang digunakan secara berulang kali dapat membuat kantong teh lebih rentan terkena serangan mikroba.

Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan satu kantong teh hijau hanya untuk minuman secangkir atau menyeduh langsung daun teh hijau asli agar kebersihan dan manfaat minum teh hijau bisa terjaga. 

5. Kombinasikan dengan Gaya Hidup Sehat

Perlu diketahui, bahwa konsumsi teh hijau bukanlah jalan pintas untuk memiliki badan yang kurus.

Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan disarankan untuk tidak hanya mengandalkan teh hijau.

Di mana layaknya program penurunan berat badan lainnya memang perlu untuk tetap menerapkan pola makan sehat dan pola hidup sehat agar program diet bisa berhasil dengan memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Selain itu, kamu juga harus rutin minum teh hijau dan berolahraga untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. 

Kamu sering malas berolahraga karena tidak ada yang menyemangati?

Tenang aja! Sekarang, Rey siap mengingatkanmu untuk berolahraga dan menemani kamu saat berjalan kaki di pagi hari dengan terus memberi motivasi agar kamu selalu semangat saat berolahraga.

Gak cuma pas olahraga, Rey juga bisa menghitung setiap langkah kaki yang kamu buat saat berjalan menuju kantor, menaiki tangga penyeberang jalan, atau mengejar bis di jalan.

Nantinya, kamu bisa menukarkan jumlah langkah kaki yang kamu cetak per harinya dengan reward berupa ReyCoin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik, lho!

Selain itu, kamu juga bisa dapetin manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

Baca Juga: Harus Tahu, 7 Manfaat Teh bagi Kesehatan Tubuh

Apa Efek Samping Teh Hijau?

Efek samping teh hijau di antaranya sakit perut hingga mengganggu pola tidur.

Teh hijau memang bermanfaat baik bagi tubuh, tetapi jika kamu salah dalam mengonsumsinya, justru akan menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

Berikut ini merupakan efek samping teh hijau:

1. Efek Samping Minum Teh Hijau pada Perut kosong

Teh hijau mengandung kafein dalam takaran dosis yang dapat memberikan tenaga dan semangat untuk memulai hari. 

Namun, menurut The Tea Shelf tetap dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat perut kosong karena dapat menyebabkan sakit perut.

Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa polifenol atau tanin yang dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan sakit perut, mual, sensasi terbakar, bahkan hingga sembelit.

2. Efek Samping Minum Teh Hijau Setelah Makan

Meminum teh hijau setelah makan malam, pagi, atau sore dapat menghambat proses penyerapan zat gizi karena kafein dan tanin dalam teh hijau bertindak sebagai penghalang.

Selanjutnya juga teh hijau bersifat dapat mengencerkan cairan lambung yang mengakibatkan pencernaan tidak benar.

3. Efek Samping Minum Teh Hijau di Malam Hari

Minum teh hijau sebelum tidur atau di malam hari akan mengganggu pola tidur.

Tidak sampai di situ saja, hal tersebut juga dapat menimbulkan masalah serius bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung atau tekanan darah tinggi

Maka dari itu, disarankan untuk minum teh hijau 2 jam sebelum tidur atau 4 jam sebelum waktu tidur.

Selain itu, terdapat juga efek samping lain dari mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, di antaranya defisiensi zat besi, anemia, cemas, stress, kontraksi otot, mual, hingga sakit kepala.

Apabila kamu sudah merasakan efek samping dari teh hijau dan mengganggu kondisi kesehatanmu, segeralah konsultasi ke dokter.

Ingin konsultasi dengan dokter GRATIS kapan pun dan dimana pun?

Pakai Rey aja!

Cukup pakai handphone lewat aplikasi Rey, kamu bisa konsultasi secara online GRATIS dengan dokter selama 24/7, di mana pun dan kapan pun.

Emang boleh se-simple ini?

Boleh, dong! Yuk, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: Pencinta Green Tea, Ketahui 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Pertanyaan Seputar Cara Minum Teh Hijau agar Cepat Kurus

Nah, itu tadi beberapa cara minum teh hijau agar cepat kurus hingga efek samping dari teh hijau.

Sekarang, yuk kita bahas beberapa pertanyaan seputar cara minum teh hijau agar cepat kurus.

Kapan Sebaiknya Minum Teh Hijau untuk Diet?

Waktu terbaik untuk minum teh hijau yang dianjurkan adalah pada saat 30-60 menit setelah makan, di pagi hari, dan di sore hari.

Minum teh hijau untuk menurunkan berat badan sebaiknya diterapkan secara konsisten dengan tetap memperhatikan aturan cara dan jadwal yang tepat.

Selain itu, sebelum dan sesudah workout juga menjadi waktu terbaik untuk minum teh hijau karena dapat mengoptimalkan penurunan berat badan, meningkatkan fokus, menyegarkan, mengisi stamina, dan juga daya tahan tubuh.

Di mana pada waktu tersebut tubuh sudah dalam kondisi siap menyerap semua kandungan nutrisi baik dalam teh hijau agar manfaat teh hijau bisa dirasakan lebih optimal.

Berapa Kali Minum Teh Hijau untuk Diet?

Untuk mendapatkan manfaat secara optimal dari teh hijau, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah 3 cangkir teh hijau sampai 5 cangkir per hari.

Dalam penelitian di University of Maryland Medical Center, mengungkapkan bagi yang menerapkan anjuran meminum seluruh bagian teh hijau yang murni tersebut selama empat bulan, terdapat penurunan secara signifikan pada berat badan.

Selain itu, terdapat manfaat teh hijau untuk diet kadar gula darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Bolehkah Minum Teh Hijau Setiap Hari?

Seduhan daun teh hijau jenis matcha termasuk minuman yang aman dan boleh untuk diminum setiap hari. Namun, perlu digarisbawahi bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab, olahan teh hijau matcha memiliki kandungan seperti antioksidan, senyawa nabati alami seperti tanin dan flavonoid. Di mana kandungan nutrisi tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping.

Adapun jika terdapat efek samping di dalam mengonsumsi teh hijau setiap hari ini mungkin akan lebih kecil, dibandingkan dengan mengkonsumsi dan nikmati teh hijau secara teratur yang dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang.

Maka dari itu, mengonsumsi teh hijau dapat membantu memberikan manfaat secara maksimal dengan ikuti cara dan takaran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

Penutup

Itulah beberapa cara minum teh hijau agar cepat kurus yang dapat diterapkan untuk mendapatkan khasiat teh hijau secara optimal serta berat badan yang ideal.

Namun, tetap perlu diperhatikan juga bahwa dalam mempraktekan cara di atas sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kesehatan tubuh terlebih dahulu dengan berkonsultasi kepada dokter agar dapat menyesuaikan serta menemukan solusi yang paling efektif untuk proses diet.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
May 11, 2023
12 Manfaat dan Fungsi Vitamin K bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin K merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ dan sistem tubuh. Kebutuhan...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
7 menit membaca
March 20, 2023
Masih Bingung? Pelajari 7 Urutan Skincare Pagi Hari yang Benar

Urutan penggunaan skincare merupakan salah satu rutinitas perawatan wajah yang tak boleh terlewat.  Meski demikian,...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca
November 4, 2022
14 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami yang Harus Kamu Tahu

Mata panda atau lingkaran hitam yang muncul di kulit sekitar mata memang kerap mengganggu penampilan....

Yosephine Yosephine
11 menit membaca