12 Cara Menghilangkan Urat di Wajah dan Penyebabnya

12 Cara Menghilangkan Urat di Wajah dan Penyebabnya
Miska Syahirah
Miska Syahirah
December 8, 2023
7 menit membaca

Timbulnya urat di wajah atau spider veins merupakan kondisi ketika pembuluh darah tipis yang terdapat pada permukaan kulit wajah mengalami kerusakan.

Kerusakan atau pembengkakan pembuluh darah ini seringkali terlihat jelas dan menyerupai jalur berwarna merah dan biru di bawah kulit.

Tidak seperti varises, pada umumnya spider veins ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi terkadang membuat penderitanya tidak percaya diri. 

Lantas apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menghilangkan urat di wajah? Berikut informasi selengkapnya yang bisa disimak dibawah ini.

Penyebab Urat Muncul di Muka

Penyebab munculnya spider veins di kulit wajah disebabkan oleh berbagai faktor. 

Berikut beberapa faktor penyebab urat di wajah muncul, yaitu:

  1. Keturunan dari orangtua atau saudara kandung yang memiliki riwayat spider veins.
  2. Paparan sinar matahari berlebih secara langsung pada kulit.
  3. Perubahan cuaca yang mendadak.
  4. Iritasi kulit akibat bahan kimia dalam kosmetik.
  5. Kondisi kulit pada penderita penyakit rosacea.
  6. Peningkatan tekanan darah dan estrogen selama kehamilan.
  7. Kecanduan minuman beralkohol.
  8. Cedera yang menyebabkan bekas luka atau memar pada kulit.

Meskipun kondisi tersebut tidak berbahaya, faktor-faktor yang menyebabkan pembuluh darah pecah dan menyebabkan munculnya urat seperti jaring garis merah kecil yang menyebar tersebut dapat mengganggu penampilan. 

Cara Menghilangkan Urat di Wajah

Cara Menghilangkan Urat di Wajah

Saat ini, terdapat berbagai opsi perawatan kulit yang tersedia, baik secara alami maupun medis, untuk mengatasi dan menghilangkan urat di wajah.

Saat ini, terdapat berbagai opsi perawatan kulit yang tersedia, baik secara alami maupun medis, untuk mengatasi dan menghilangkan urat di wajah.

Berikut beberapa cara menghilangkan urat di wajah yang bisa kamu coba:

1. Retinoid

Penggunaan krim retinoid sering dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk munculnya urat di wajah.

Menggunakan krim retinoid dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi urat di wajah agar berkurang dan terlihat lebih tersamarkan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan retinoid secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kulit kering, gatal, dan kemerahan.

Apabila kamu merasakan gejala tersebut, segera tanyakan kepada dokter, ya. 

Konsultasi dengan dokter akan memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai kondisi kulitmu dan memastikan bahwa penggunaan produk perawatan kulit tetap aman dan efektif.

Yuk, coba chat dokter sepuasnya dan dapatkan obat gratis diantar ke depan rumahmu. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

2. Skleroterapi

Cara cepat menghilangkan urat di area wajah atau kaki adalah melalui skleroterapi, yang dapat dilakukan hanya dalam beberapa minggu.

Terapi ini menggunakan suntikan agen sclerosing yang dapat membantu menutup pembuluh yang terlihat tepat di bawah kulit menghilang.

Beberapa orang mungkin akan mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit saat menggunakan metode ini, tetapi efek samping ini akan hilang dalam beberapa hari.

3. Terapi Laser

Cara menghilangkan urat pada wajah juga dapat dilakukan dengan menggunakan terapi laser.

Terapi menggunakan sinar laser secara intens dapat membantu menghancurkan pembuluh darah yang bermasalah.

Namun, perlu diingat bahwa terapi sinar laser juga dapat merusak kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif selama pemulihan.

Selain itu, terapi ini cenderung memiliki biaya yang tinggi dan seringkali memerlukan beberapa sesi untuk mencapai hasil maksimal.

4. Intense Pull Light (IPL)

Terapi IPL menggunakan lampu khusus yang menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak lapisan atas.

Alhasil perawatan untuk urat yang muncul dengan terapi ini membutuhkan lebih sedikit waktu pemulihan dan tidak terlalu banyak menimbulkan kerusakan pada kulit.

Proses terapi IPL serupa dengan terapi laser, di mana diperlukan beberapa sesi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

5. Kompres Air Dingin

Cara sederhana untuk menghilangkan urat di wajah yang dapat dicoba di rumah adalah dengan mengompresnya menggunakan es atau sekantong kacang polong beku.

Suhu yang dingin saat mengompres ini dapat membantu menutup pembuluh darah yang pecah.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Kenali Ciri & Penyebabnya

6. Arnica

Minyak atau produk yang mengandung arnica juga dapat membantu menghilangkan urat yang timbul pada wajah dengan cara mengoleskannya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak arnica bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Maka dari itu, sebelum menggunakannya sebaiknya mengujinya terlebih dahulu dengan mengoleskannya pada area kecil kulit dan melaporkan efek sampingnya ke dokter kulit.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat bertindak seperti zat di wajah, yang dapat menarik kulit menjadi kencang untuk membantu mengurangi munculnya urat dan kemerahan pada wajah.

Cara penerapannya pun cukup mudah, dengan hanya perlu mencelupkan kapas ke dalam cuka sari apel dan mengoleskannya ke area wajah.

Namun, perlu diingat jika terjadi efek samping seperti iritasi segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut, ya.

Gunakan asuransi kesehatan online dari Rey, dapatkan manfaat mulai dari chat dokter sepuasnya, konsultasi gizi, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

8. Witch Hazel

Salah satu zat alami yang dapat membantu mengurangi urat yang muncul pada wajah adalah witch hazel.

Witch hazel dikenal mengandung tanin yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Zat alami ini juga cenderung mudah untuk ditemukan dan sudah banyak tersedia di toko makanan kesehatan, apotek, maupun online.

9. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mampu mengatasi kulit wajah kemerahan dan menghilangkan urat-urat di wajah.

Manfaat dari gel lidah buaya dapat mengurangi kemerahan serta mengeringkan sel-sel kulit, ini hampir serupa seperti menggunakan krim obat (hidrokortison).

10. Tanaman Herbal 

Tanaman herbal seperti sage, calendula, haver, yarrow, akar marshmallow, dan kamomil dapat dijadikan sebagai pilihan pengobatan menggunakan bahan alami untuk mengurangi munculnya spider veins.

Hal ini karena produk alami yang berasal dari tanaman-tanaman herbal tersebut memiliki efek anti-inflamasi pada kulit dan dapat memberikan dukungan pada pengobatan untuk mengatasi keluhan munculnya urat di kulit.

11. Vitamin C

Dengan perbanyak makan atau menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C ternyata dapat membantu mengatasi spider vein, lho.

Selain mampu menyamarkan atau menghilangkan spider veins, vitamin C pada produk skincare juga bermanfaat untuk merawat kulit agar tetap terlihat sehat dan memercepat produksi kolagen yang membuat wajah lebih awet muda.

12. Skleroterapi

Terapi ini merupakan salah satu solusi yang ditawarkan untuk merawat kasus keluhan spider veins besar di wajah. 

Mengatasi spider veins menggunakan terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikan larutan kimia ke pembuluh darah yang rusak.

Di mana, dalam prosesnya vena kemudian akan mengeras, menutup, dan akhirnya menghilang. 

Selain itu, skleroterapi juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menyebabkan pembuluh darah menjadi menyusut dan urat wajah memudar.

Skleroterapi terbilang unggul dibanding jenis perawatan lain karena pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit serta relatif tidak terlalu menguras banyak biaya.

Perlu dicatat bahwa karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Maka dari itu, sebelum menerapkan berbagai pilihan cara perawatan untuk menghilangkan urat di wajah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Baca Juga: Ampuh, 10 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Cepat

Pertanyaan Seputar Cara Menghaluskan Wajah

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai spider vein dan cara mengatasinya yang juga tidak kalah penting untuk diketahui.

Apakah spider vein bisa hilang sendiri?

Spider vein sebenarnya bersifat permanen, meskipun dalam beberapa kasus, kondisi ini mungkin dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan, terutama jika disebabkan oleh kehamilan atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Meskipun masalah pada pembuluh darah ini tidak termasuk kondisi kritis yang mengancam nyawa, gejala yang muncul di wajah dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, dokter biasanya akan merekomendasikan penderita spider vein untuk segera mencari perawatan atau pengobatan.

Apakah retinol bisa menghilangkan spider veins?

Ya bisa, menggunakan produk perawatan kulit atau skincare yang didalamnya mengandung retinol atau retinoid dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan spider veins yang muncul di kulit.

Selain perawatan terbilang lebih terjangkau, keunggulan penggunaan retinol ini juga akan membantu memercepat proses regenerasi kulit dan produksi kolagen. 

Alhasil dapat membuat urat-urat pada wajah terlihat lebih cepat memudar dibandingkan dengan menggunakan berbagai macam terapi laser/IPL.

Apa nama urat merah di wajah?

Kondisi munculnya urat merah di wajah sering disebut juga dengan spider vein.

Umumnya terjadi di bagian bawah kulit pipi dan sekitar hidung.

Spider vein dapat memperbesar pembuluh darah kapiler yang terlihat seperti garis tipis dengan warna merah, ungu, atau kebiru-biruan.

Untuk memastikan apakah itu spider veins atau tidak, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mengetahui kondisi kulit.

Hal ini penting agar perawatan yang tepat dapat diberikan untuk mengatasi keluhan tersebut.

Baca Juga: Alami, 10 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan di Rumah

Penutup

Berbagai referensi cara menghilangkan urat di wajah telah disebutkan, baik melalui pendekatan medis dengan menjalani terapi bersama dokter, maupun secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan obat herbal yang dapat dicoba di rumah.

Penting untuk diingat bahwa hasil yang optimal dapat dicapai dengan konsultasi langsung bersama dokter.

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau ingin mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kulitmu, segera jadwalkan konsultasi dengan dokter, ya. 

Yuk, coba 2 bulan GRATIS chat dokter sepuasnya + klaim obat gratis! Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya! 

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
December 6, 2023
Mudah, 6 Cara Mengolah Buah Mengkudu yang Benar

Mengkudu (morinda citrifolia) adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemui di kawasan Australia,...

Miska Syahirah Miska Syahirah
6 menit membaca
February 8, 2023
Apa Itu Tes Buta Warna? Kenali Jenis dan Penyebabnya

Tiap orang memiliki pengelihatan yang berbeda-beda. Ada yang beruntung memiliki mata yang sehat, ada pula...

Dwi Julianti Dwi Julianti
6 menit membaca
April 10, 2023
11 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan, Apa Efek Sampingnya?

Donor darah merupakan tindakan sukarela untuk memberikan sebagian darahmu kepada orang yang membutuhkan. Tindakan ini...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca