Yuk, Kenalan dengan Idol Kpop Generasi 2! Sudah Tahu Semua?

Yuk, Kenalan dengan Idol Kpop Generasi 2! Sudah Tahu Semua?
Dwi Julianti
Dwi Julianti
January 31, 2023
8 menit membaca

Kultur musik asal Korea Selatan semakin gencar dan terkenal tiap tahunnya sehingga semakin banyak grup idol yang debut.

Saat ini dunia musik Korea Selatan telah memasuki generasi keempat Kpop, idol group generasi 4 seperti Stray Kids, Le Serafim, New Jeans, Ive, G-idle, TXT, Enhypen, Treasure dan banyak grup lainnya menjadi semakin terkenal. 

Banyak grup dari generasi 3 yang masih aktif di Industri meskipun mendekati akhir kontraknya, seperti Seventeen, Red Velvet, iKon, BTS, EXO, Blackpink, Monsta X dan NCT.

Dengan semakin berkembangnya industri musik di negara Korea Selatan, perkembangan zaman pun tercermin dalam grup idola dari setiap generasi yang memiliki ciri khas berbeda.

Mari kita bernostalgia dengan mengenali generasi kedua dan sejarah yang telah mereka ukir!

Daftar Idol Kpop Generasi 2

Sama seperti Generasi 1, artis Kpop Generasi ini juga banyak yang mendapatkan julukan legendaris.

Idol Kpop generasi 2 dimulai pada awal tahun 2000, yakni 2003 hingga tahun 2011.

Di era ini, industri musik yang berfokus pada idol di Korea masih berkembang sehingga banyak yang melakukan eksperimen terhadap konsep yang dimiliki. 

Hal ini juga menyebabkan perkembangan di sektor hiburan dan bukan hanya dalam musik. 

Perkembangan ini menyebabkan munculnya istilah baru, Hallyu yang berarti Korean Wave.

Perkembangan sektor industri yang memunculkan Hallyu tidak hanya pada musik, tetapi juga sektor dunia hiburan lainnya, seperti drama tv, film, teater, radio, dan lainnya.

Era ini juga lah saat di mana banyak artis yang mulai melebarkan sayapnya ke pasar Internasional, dimulai dari Jepang dan Cina. 

Fokus untuk memasuki pasar kedua negara tersebut membuat banyak artis untuk menerjemahkan karya mereka ke bahasa Jepang dan Cina, hingga membuat karya baru menggunakan dua bahasa tersebut. 

Namun, dengan kepopuleran yang semakin berkembang, tidak lama untuk idol melebarkan sayapnya ke luar Asia dan mulai ke Amerika dan Eropa.

Kepopuleran yang didapatkan oleh para artis di era ini membuat mereka dikenal sebagai Golden Age dari Kpop. 

Sukses yang diraih grup Kpop di era ini tidak hanya disadari oleh penggemar, tetapi juga pemerintah Korea Selatan yang langsung menyediakan dana khusus untuk industri hiburan. 

Nah, karena sudah membahas background dari generasi kedua, mari ketahui siapa saja daftar idol generasi 2!

1. Super Junior

super junior merupakan kpop generasi ke 2 Super Junior (SJ) yang dijuluki sebagai King of Hallyu memulai karir mereka di tahun 2005 di bawah SM Entertainment.
Sumber: Wikimedia Commons

Super Junior (SJ) yang dijuluki sebagai King of Hallyu memulai karir mereka di tahun 2005 di bawah SM Entertainment.

SJ bermula dengan 12 anggota, yakni Leeteuk, Heechul, Yesung, Hangeng, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kibum. Namun, di tahun 2006 SJ menambahkan personel baru, Kyuhyun.

SJ meraih kesuksesan mereka 4 tahun setelah debut dengan mengeluarkan ‘Sorry-Sorry’ di tahun 2009 yang mencuri perhatian pasar internasional. 

Sukses yang diraih oleh SJ berlanjut hingga ‘Bonamana’ yang ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube dan ‘Mr. Simple’ yang mencetak kemenangan Super Junior untuk Album of The Year di ‘Mnet Asian Music Awards‘.

Selain melalui musiknya, SJ semakin menarik perhatian dengan menunjukkan bakatnya sebagai entertainer dan bukan hanya idol.

Menjadi host dan MC acara televisi, radio DJ, model fesyen ataupun iklan, menjadi aktor drama ataupun musikal, menghadiri banyak acara televisi sebagai guest star dan lainnya.

Hal-hal tersebut membuat SJ punya penggemar yang setia dan bagaimana mereka masih sangat populer sebagai boyband aktif meskipun sudah mendekati 20 tahun.

2. Girls Generation

Kpop generasi kedua berikutnya adalah Girls Generation (GG) adalah girlband legendaris asal Korea Selatan yang debut di tahun 2007 di bawah SM Entertainment, sehingga termasuk grup Kpop generasi kedua. 
Sumber: Wikimedia Commons

Girls Generation (GG) adalah girlband legendaris asal Korea Selatan yang debut di tahun 2007 di bawah SM Entertainment, sehingga termasuk grup Kpop generasi kedua. 

GG atau SNSD debut dengan 9 personel, Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Jessica dan Seohyun membawakan lagu Into The New World. Namun, di tahun 2014, Jessica meninggalkan grup untuk beroperasi dengan 8 personel. 

Kesuksesan mereka merilis lagu-lagu ikonik seperti Gee, Run Devil Run, The Boys, Genie, I Got A Boy dan banyak lagu lainnya membuat nama GG dikenal sebagai Nation’s Girl Group

Pada tahun 2017, 3 anggota GG memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan SM tetapi masih menjadi anggota aktif di GG.

Agustus 2022 menjadi comeback full member GG sejak 2017. Mereka mengeluarkan album Forever 1 yang terjual lebih dari 100,000 salinan di minggu pertama rilis.

Baca Juga: Unik Banget, 10 Nama Lightstick Kpop Idol dan Tempat Membelinya

3. Big Bang

Salah satu kpop generasi ke 2 adalah big bang. Big Bang adalah boy group pertama yang debut di bawah naungan YG Entertainment yang debut pada tahun 2006 dan beranggotakan 5 member, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri.
Sumber: Wikimedia Commons

Big Bang adalah boy group pertama yang debut di bawah naungan YG Entertainment yang debut pada tahun 2006 dan beranggotakan 5 member, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri.

Tidak lama setelah itu, di tahun 2007 Big Bang memenangkan penghargaan ‘Mnet Asian Music Awards‘ untuk Best Male Group dan Song of The Year.

BigBang merilis album ‘Alive’ di tahun 2012 dan menerobos Billboard K-pop’s Hot 100 dan Billboard 200. Album ini juga berhasil memenangkan BigBang untuk Best Male Group dan Artist of The Year

Big Bang melakukan hiatus selama 2 tahun sebelum group anniversary yang ke 10. 

Untuk perayaan debutnya yang ke 10, mereka mengeluarkan album Made:M,A,D,E yang berhasil menerobos Billboard’s World Digital Songs di posisi 1 dan 2 membuat mereka artis Korea kedua yang berada di daftar tersebut.

Di tahun 2019, mereka menghadapi beberapa masalah akibat scandal.

Pada bulan Maret 2019 Seungri mengundurkan diri karena terjerat Burning Sun Scandal dan T.O.P baru kembali dari wajib militer setelah tersandung scandal.

Februari 7, 2022 Big Bang mengumumkan akan melakukan comeback dan bahwa T.O.P memutuskan kontraknya dengan YG Entertainment.

4. Wonder Girls

Wonder Girls (WG) adalah girlband pertama yang berada di bawah JYP Entertainment yang dijuluki sebagai South Korea's Retro Queens.
Sumber: Wikimedia Commons

Wonder Girls (WG) adalah girlband pertama yang berada di bawah JYP Entertainment yang dijuluki sebagai South Korea’s Retro Queens.

Dimulai pada tahun 2007, WG bermula dengan 5 anggota, yakni Sunye, Sohee, HyunA, Yeeun dan Sunmi sebelum HyunA keluar karena masalah kesehatan.

HyunA kemudian digantikan dengan Yubin untuk posisi lead rapper.

WG dengan cepat menarik perhatian penggemar dengan konsep retro yang dilakukan dan pada tahun 2008, popularitas mereka meroket dengan rilis ‘So Hot‘ dan ‘Nobody‘ yang menjadi karya terpopuler mereka hingga saat ini. 

Pada tahun 2009, WG mulai melakukan promosi internasional dengan konser di Thailand dan Amerika sebelum mengumumkan untuk mengeluarkan versi Inggris dari ‘Nobody‘ dan ‘Tell Me’. 

Juni 2009, WG juga mengumumkan akan melakukan tur dengan The Jonas Brothers di konser Amerika Utara mereka.

Setelah sukses yang WG dapatkan dengan ‘Like This’, mereka menghadapi beberapa perubahan dengan salah satu membernya, Sunye memutuskan untuk menikah dan pensiun dari industri hiburan.

Sohee juga memutuskan fokus kepada karirnya untuk berakting hingga memutuskan kontraknya dengan agensi. 

Comeback WG di tahun 2016 dengan ‘Why So Lonely‘ menjadi yang terakhir sebelum pengumuman pembubaran mereka di tahun 2017.

5. 2NE1

@ne1 termasuk kpop generasi ke 2. 2NE1 adalah Girlband dari YG Entertainment dengan konsepnya yang kuat atau Girl Crush.
Sumber: Wikimedia Commons

2NE1 adalah Girlband dari YG Entertainment dengan konsepnya yang kuat atau Girl Crush.

Mereka adalah girlband dengan 4 anggota, CL, Park Bom, Dara dan Minzy. Mereka banyak membawakan konsep Hip-Hop yang kuat.

Karya pertama mereka ‘Fire‘ dengan cepat mencapai 1 juta penonton dalam waktu 24 jam dan rilis single I Don’t Care‘ di bulan Juli dengan cepat menjadi album dengan penjualan tertinggi ke 3 menurut Hanteo.

Mereka dengan cepat menjadi girlband yang sangat populer hingga saat ini. 

Di tahun 2012, mereka memenangkan Song of The Year di ‘Mnet Asian Music Awards‘.

2NE1 bubar di tahun 2016 mengikuti Minzy yang keluar dan Park Bom yang dilepaskan dari kontraknya di 2016 setelah hiatus.

Baca Juga: Catat! Peraturan Nonton Konser K-Pop, Apa yang Tidak Boleh Dibawa?

6. SHINee

SHINee adalah salah satu boyband dari SM yang debut di tahun 2008 dengan 5 anggota, Onew, Key, Jonghyun, Minho dan Taemin membawakan karya pertamanya, 'Replay'.
Sumber: Wikimedia Commons

SHINee adalah salah satu boyband dari SM yang debut di tahun 2008 dengan 5 anggota, Onew, Key, Jonghyun, Minho dan Taemin membawakan karya pertamanya, ‘Replay‘.

Tidak lama setelah mengeluarkan karya pertama, mereka mengeluarkan ‘Love Like Oxygen‘ yang dengan cepat mendapatkan kemenangan pertamanya di music show.

Pada Cyworld Digital Music Awards mereka memenangkan ‘Rookie of the Month‘, ‘Best New Male Group‘ di MAMA 2008 dan ‘Best Newcomer‘ di Seoul Music Awards pada Februari 2009.

Popularitas mereka terus meroket hingga memenangkan ‘Artist of the Year‘ di MelOn Music Awards pada 2013.

Pada 2017, mereka mengalami kehilangan atas kematian dari Jonghyun. Namun, para member tetap tegar dan beroperasi dengan 4 anggota.

7. HyunA

Hyuna termasuk kpop generasi ke 2. Kim Hyun-Ah yang lebih dikenal dengan HyunA berawal sebagai personel WG di tahun 2007, tetapi keluar karena kondisi kesehatan. 
Sumber: Wikimedia Commons

Kim Hyun-Ah yang lebih dikenal dengan HyunA berawal sebagai personel WG di tahun 2007, tetapi keluar karena kondisi kesehatan. 

Pada tahun 2009, HyunA kembali ke dunia musik sebagai anggota girlband 4Minute di bawah Cube Entertainment. 

Meskipun ia merupakan bagian dari 4Minute, kepopuleran yang dimiliki olehnya sangat besar. Hal ini membuat Cube lebih fokus terhadap karir solo HyunA.

HyunA memulai solo debutnya pada 2010 membawakan lagu ‘Change‘ dan mendapatkan posisi ke 2 di Gaon Digital Chart.

Setelah memulai karirnya sebagai seorang soloist, HyunA mengeluarkan banyak lagu yang ikonik, seperti ‘Bubble Pop!’ di tahun 2011 dan membentuk duo Trouble Maker dengan personel Beast, Hyunseung. 

Di tahun 2012, HyunA menjadi guest star di music video PSY ‘Gangnam Style’ yang menjadi sensasi dunia setelah masuk pasar Internasional. 

Beberapa musik HyunA yang sangat populer adalah ‘Ice Cream’, ‘Red’, ‘Roll Deep’.

8. 2PM

2PM yang mulai dari 2008 masuk ke generasi kedua Kpop idol dari JYP Entertainment.
Sumber: Wikimedia Commons

2PM yang mulai dari 2008 masuk ke generasi kedua Kpop idol dari JYP Entertainment.

Mereka bermula dengan 7 anggota dengan fokus konsepnya adalah Hip-Hop. 

Pada 2009 mereka melakukan comeback dengan ‘Again and Again‘ yang berada di posisi beragam tangga musik, seperti MelOn, Hanteo dan Mnet. 

Dengan popularitas yang terus meroket, mereka memenangkan ‘Best Male Group‘ dan ‘Artist of the Year‘ di MAMA dan ‘I’ll Be Back‘ mendobrak Billboard’s World Albums Chart di tahun 2011.

Dari 2016 hingga 2021, mereka berada dalam hiatus sebelum melakukan comeback di bulan Juni 2021 dengan ‘Make It’.

Baca Juga: Apa Itu Fandom? Arti dan Daftar Fandom Kpop Terbesar di Dunia!

Penutup

Sekian informasi tentang Kpop dari generasi kedua.

Saat ini Kpop telah mencapai 4 generasi berbeda, tetapi pastikan untuk mengingat generasi sebelumnya, ya.

Jika ada pertanyaan seputar topik ini, bisa tulis di kolom komentar!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
January 31, 2023
Masih Pemula? Yuk, Pelajari Kosakata Bahasa Korea Sehari-Hari

Bahasa Korea semakin diminati di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Sumber ketertarikan pada budaya...

Dwi Julianti Dwi Julianti
4 menit membaca
September 13, 2023
Top 20 Idol Kpop Tercantik di Dunia, Ada Member BLACKPINK?

Korea Selatan memang terkenal akan popularitas girl group-nya yang mendunia. Menjadi seorang idol Kpop tentu...

Dwi Julianti Dwi Julianti
9 menit membaca
March 19, 2024
Bolehkah Bayar Fidyah Puasa Ibu Hamil dengan Uang? Cari Tahu Hukumnya Disini Yuk!

Bulan suci Ramadhan adalah waktu istimewa dimana seluruh umat Muslim yang sudah memenuhi syarat sah,...

Aul Risky Aul Risky
6 menit membaca