35+ Istilah dalam Kpop dan Artinya, Sasaeng, Akgae, Rookie, dll

35+ Istilah dalam Kpop dan Artinya, Sasaeng, Akgae, Rookie, dll
Dwi Julianti
Dwi Julianti
February 3, 2023
6 menit membaca

Penggemar Kpop pasti sudah tidak asing lagi deh, mendengar istilah-istilah dalam dunia Kpop seperti visual, sasaeng, dan lainnya.

Ya, Kpop memang memiliki banyak istilah yang mungkin bisa membuat kita bingung dan bertanya-tanya. 

Maka dari itu, yuk kita bahasa berama istilah dalam Kpop yang sering digunakan. 

Istilah dalam Kpop dan Artinya

Istilah-istilah dalam dunia Kpop yang sering muncul tidak hanya ditujukan kepada artisnya, tetapi juga kepada fans, posisi, bahkan hingga aktivitas yang dijalankan oleh idol.

Sebagai penggemar Kpop, kamu wajib tahu istilah-istilah Kpop sekaligus maknanya!

  • All – Kill

Sebutan all kill dalam dunia Kpop menandakan bahwa seorang soloist atau grup berhasil menduduki puncak berbagai tangga lagu musik di Korea Selatan. Beberapa contoh dari tangga lagu tersebut adalah MelOn atau Naver Music.

  • Bagel

Sebutan bagel dalam istilah Kpop tidak tertuju pada seorang idol yang memiliki baby face tetapi berbadan glamorous atau sexy. Contohnya adalah Bae Suzy dan Nickhun anggota 2PM.

  • Bias

Ultimate bias adalah istilah ditujukan pada satu anggota grup yang menjadi favorit penggemar tersebut.

  • Bong

Bong adalah sebutan dari lightstick yang digunakan oleh penggemar sebagai tanda mendukung grup atau solois saat sedang melakukan kegiatan promosi. Setiap band atau soloist memiliki lightstick mereka sendiri dalam beragam bentuk dan warna.

Beberapa contoh lightstick terkenal adalah Army Bomb, Carat Bong, Candy Bong dan lainnya.

Baca Juga: Unik Banget, 10 Nama Lightstick Kpop Idol dan Tempat Membelinya

  • Comeback

Salah satu istilah dalam dunia hiburan yang Kpopers wajib tahu adalah comeback artinya seorang solois atau band yang akan kembali merilis lagu dan memasuki masa promosi.

Ini adalah masa yang ditunggu banyak penggemar, karena idola akan kembali aktif melakukan aktivitas promosional.

  • Fighting

Fighting menjadi kata – kata yang menunjukkan dukungan ke seseorang. Contohnya bisa fans ke idol atau ke sesama member.

  • Maknae

Maknae adalah member termuda yang ada dalam sebuah grup atau agensi. Contohnya adalah Dino member Seventeen yang termuda karena lahir di tahun 1999.

  • Hi – Touch

Hi – Touch adalah istilah aktivitas di mana fans bisa melakukan tos atau high five dengan semua member dari sebuah band dan ngobrol sebentar setelah acara konser. Namun, aktivitas seperti ini biasanya mengeluarkan uang yang banyak.

  • Visual

Visual merupakan anggota band dengan muka yang tertampan atau tercantik. Contohnya adalah Blackpink Jisoo yang berperan sebagai visual.

  • Sasaeng

Sasaeng adalah istilah Kpop yang menandakan penggemar yang telah melewati batas hingga menjadi seorang penguntit. Hal ini karena mereka sering mengikuti para idol hingga mengganggu privasi mereka.

  • Hyung

Hyung adalah bahasa Korea yang digunakan oleh seorang laki – laki untuk memanggil laki – laki yang lebih tua.

  • Fanboy

Fanboy adalah julukan untuk fans laki – laki.

  • Aegyo

Aegyo adalah kelakuan dari seorang idol yang dianggap menggemaskan.

  • Age – Line

Sebutan age – line ditujukan pada idol Kpop Korea Selatan yang lahir di tahun yang sama, seperti BTS’s Jungkook dan GOT7’s Yugyeom dari generasi 3.

  • Antis

Antis adalah kependekan dari anti – fan. Seseorang atau sekelompok orang yang membenci suatu grup atau seorang idol.

  • Bias Wrecker

Bias wrecker adalah istilah yang diberikan kepada seorang anggota yang tidak diduga menarik perhatian seorang fans hingga bisa menggantikan ultimate bias.

Contohnya jika ultimate bias seorang fans adalah Jennie dari Blackpink dan tiba – tiba Lisa menarik perhatian penggemar tersebut hingga rasa suka kepada Lisa menyaingi rasa sukanya kepada Jennie.

Dalam situasi ini Lisa menjadi bias wrecker penggemar yang menyukai Jennie sebagai bias utama.

  • CF

CF adalah singkatan dari Commercial Films atau iklan televisi yang dilakukan oleh band atau seorang idol.

  • Center

Center adalah posisi yang diberikan kepada seorang member untuk menjadi face of the group atau sering menjadi pusat koreografi grup. Biasanya member ini juga yang paling sering timbul di ingatan fans saat memikirkan band tersebut.

  • Daesang

Dalam industri hiburan Korea Selatan, Daesang dianggap sebagai penghargaan tertinggi yang bisa didapatkan. Biasanya dalam kategori seperti Album of The Year, Song of The Year dan Artist of The Year.

  • Fanchant

Fanchant adalah rangkaian kata – kata yang akan disisipkan pada bagian – bagian lagu untuk diteriakkan para fans saat artis sedang melakukan pertunjukkan mereka.

Biasanya bisa dengan meneriaki nama artis dan mengulangi kata – kata yang merupakan bagian dari lagunya.

  • Fandom

Fandom adalah sekelompok fan dari seorang soloist atau grup idol. Beberapa fandom terkenal adalah fandom BTS ARMY, Blinks fandom Blackpink, Carat fandom Seventeen, EXO – L fandom EXO dan lainnya.

  • Stan

Seseorang yang menjadi penggemar sebuat agensi atau grup idol.

  • Trainee

Peserta pelatihan di mana sebelum debut, seorang artis perlu melalui masa pelatihan. Jangka waktu masing – masing orang berbeda, bisa ada yang mencapai hingga 10 tahun, 7 tahun, 2 tahun bahkan di bawah 1 tahun.

  • Rookie

Suatu grup yang masih baru atau muda. Biasanya umur rookie akan berlangsung sekitar 1 – 2 tahun setelah debut.

  • Hiatus

Hiatus merupakan masa vakum dari seorang idol atau suatu grup. Biasanya hiatus terjadi setelah masa promosi comeback telah selesai, waktu beristirahat, pulih dari gangguan kesehatan atau bisa juga akibat dari terlibat suatu skandal.

Baca Juga: Wajib Tahu! Daftar 9 Idol Kpop Generasi 3 yang Dimulai Sejak Tahun 2012

  • Encore

Encore merupakan sebutan sebuah pertunjukan tambahan yang dilakukan oleh sebuah grup atau seorang soloist saat sedang konser.

  • Album

Dalam dunia Kpop, terdapat beberapa jenis album, yaitu single album yang terdiri dari 2 – 3 lagu, mini album yang terdiri dari 4 – 7 lagu, full album atau studio album yang terdiri dari 8 – 12 lagu dan repackaged album yang merupakan kompilasi album sebelumnya dan biasanya ditambahkan beberapa lagu baru.

  • OT

OT merupakan istilah Kpop yang berasal dari abreviasi One True yang berarti jumlah asli dari suatu grup. Contohnya adalah pendukung OT9 Girls Generation meskipun Jessica Jung telah keluar dari band sejak 2014.

  • Akgae

Akgae merupakan julukan untuk seorang penggemar yang hanya mengidolakan satu anggota dari sebuah grup. Seorang akgae bisa sampai membenci anggota lainnya.

  • OP

OP merupakan istilah abreviasi dari kata original dan poster yang mengartikan bahwa orang tersebut adalah yang pertama mengunggah foto atau kesaksian berupa isi obrolan yang berhubungan dengan member atau grup.

  • Fancam

Fancam merupakan sebuah rekaman video seorang member yang bersifat amatir. Biasanya fancam diambil saat sedang memiliki aktivitas seperti tampil di music show, konser, atau bahkan saat berada di depan lokasi acara.

  • Masternim

Masternim adalah seseorang yang sering memotret member menggunakan kamera profesional saat menghadiri kegiatan acara dan disebarkan ke website atau media sosial. Keberadaan seorang masternim tidak hanya di Korea Selatan, tetapi juga internasional.

  • Selca

Selca merupakan istilah dalam Kpop yang berasal dari gabungan kata ‘Self’ dan ‘Camera’ dan ini merupakan kata lain dari selfie.

  • Fan Meeting

Fan meeting adalah acara seperti konser, tetapi ada lebih banyak aktivitas yang dilakukan oleh idol, seperti bermain games, ngobrol dengan fans, dan melakukan interaksi dengan member lainnya di atas panggung.

  • Fan Sign

Fan sign adalah jenis aktivitas yang lebih intim karena penggemar dan idola akan bertatap muka dan berbincang sebentar sambil fans menyodorkan album mereka untuk ditandatangani oleh idol.

  • Shipper

Shipper terjadi saat dua idol ‘dijodohkan’, bisa dengan member di satu grup atau dengan yang diluar.

  • 4D

4D merupakan julukan fans untuk idol dengan menyebut anggota tersebut memiliki kepribadian yang unik atau tidak biasa.

Ini bukanlah istilah untuk menghina, lebih mengarah kepada candaan akibat perilakunya yang membuat para penggemar keheranan.

Baca Juga: Masih Pemula? Yuk, Pelajari Kosakata Bahasa Korea Sehari-Hari

Penutup

Istilah-istilah dunia Kpop memang banyak, tetapi bagi para pencinta dunia Kpop hal ini akan dipelajari dengan sendirinya seiring menelusuri industri musik Korea Selatan.

Jika memiliki pertanyaan seputar istilah dalam Kpop, bisa ditulis di kolom komentar, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Kembali
Rekomendasi Artikel
April 11, 2023
8 Manfaat Sedekah, Siapa yang Harus Diutamakan?

Pengertian sedekah merupakan pemberian yang dilakukan secara ikhlas tanpa ada batasan waktu dan jumlah tertentu....

Dwi Julianti Dwi Julianti
5 menit membaca
April 18, 2023
Diplomatis, Ketahui 17 Karakter dan Sifat Zodiak Libra

Bagi kamu yang lahir pada tanggal 23 September sampai 22 Oktober, maka kamu berada di...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
8 menit membaca
March 7, 2023
17 Menu Buka Puasa yang Segar, Mudah, Praktis, dan Enak!

Setelah menahan dahaga sepanjang hari, kehadiran menu buka puasa yang segar sangat dinantikan. Selain memberikan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
8 menit membaca