Ampuh! Ini 16 Cara Mengusir Semut di Rumah

Ampuh! Ini 16 Cara Mengusir Semut di Rumah
Miska Syahirah
Miska Syahirah
November 17, 2023
7 menit membaca

Semut adalah salah satu jenis serangga yang kerap dijumpai oleh manusia. Jika kamu melihat keberadaan semut di sekitar rumah, biasanya terdapat ratusan semut lain yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Berdasarkan keterangan dari National Wildlife Federation, ada 12.000 lebih spesies semut dari penjuru dunia. Dan kebanyakan dari spesies semut tersebut tidak berbahaya bagi manusia. 

Hanya saja, tak sedikit orang yang merasa kesal jika ada gerombolan semut yang suka mengerumuni makanan atau sisa makanan di tempat tertentu. Apalagi jika semut-semut tersebut merayap ke kulit dan menyebabkan gatal-gatal.

Jika kulitmu sudah mengalami gatal-gatal, segera olesi salep gatal atau kompres dengan air dingin.

Ingin tahu lebih banyak mengenai cara hidup sehat? Temukan rahasianya di sini

Nah, berikut ini adalah berbagai cara mengusir semut dengan menggunakan bahan alami hingga bahan kimia yang sebaiknya kamu ketahui. Simak, yuk!

Cara Mengusir Semut

Cara mengusir semu bisa dengan berbagai cara, seperti menggunakan kapur, cuka, hingga kopi.

Dilansir dari Healthline dan Rentokil, berikut adalah cara mengusir semut yang ampuh dan bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan yang mungkin ada di rumah :

1. Kopi

Kamu bisa mengusir semut di rumah dengan memanfaatkan bubuk kopi. Semut membenci aroma kopi yang kuat sehingga ampuh untuk membasmi hewan tersebut.

Cara mengusir semut dari rumah dengan menggunakan kopi juga mudah, yaitu dengan menaburkan bubuk kopi di area yang sering dilewati oleh semut.

2. Kayu Manis

Seperti halnya kopi, bubuk kayu manis juga memiliki aroma yang kuat yang tidak disukai semut sehingga bahan satu ini ampuh usir semut.

Cara membasmi semut dengan bubuk kayu manis juga mudah, cukup taburkan di tempat biasa semut masuk ke rumah.

3. Cuka

Cuka bisa menjauhkan semut dari rumahmu.

Bumbu makanan yang efektif mengusir semut lainnya yaitu cuka putih. Bahan makanan satu ini mengeluarkan aroma khas yang kuat dan bisa membuat serangga satu ini bingung lantaran bisa merusak zat feromon miliknya.

Usir semut di rumah dengan bahan satu ini juga mudah, yaitu dengan mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1 : 1 lalu masukkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan cairan tersebut ke tempat yang biasa dilewati semut seperti meja makan, lantai rumah, fondasi rumah dan lain sebagainya.

4. Lemon 

Cara mengusir semut dengan bahan alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan buah lemon. Semut tidak suka dengan jeruk lemon karena kandungan asam sitrat pada buah tersebut yang bisa meracuni tubuh mereka.

Cara yang efektif untuk mengusir semut dengan lemon cukup mudah, yaitu dengan mengambil perasan lemon atau kulitnya lalu letakkan di area yang sering didatangi serangga tersebut.

5. Cengkeh 

Salah stau cara ampuh untuk membuat semut pergi yaitu dengan menggunakan cengkeh. Rempah-rempah satu ini memiliki bau tajam yang tidak disukai oleh semut.

Untuk mengatasi dan mencegah semut berkeliaran di rumah dengan bahan alami satu ini pun mudah, cukup letakkan beberapa buah cengkeh di tempat yang dikerubungi semut.

6. Mint

Tips mencegah semut masuk ke dalam rumah selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun mint. Tak hanya ampuh usir semut, mint juga ampuh mengatasi serangga lainnya termasuk nyamuk.

Cara mengusir semut dengan mint juga mudah, cukup dengan mencampurkan air dengan beberapa lembar daun mint yang dihancurkan.

Kemudian tuangkan ke dalam botol campuran air dan daun minta tersebut dan semprot ke area yang banyak semut. Dengan cara ini, semut akan pergi dari rumah kamu.

7. Tepung 

Cara selanjutnya untuk mengusir semut yaitu dengan menggunakan tepung. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yang pertama taburkan teoung di atas koloni semut lalu gunakan vacum cleaner.

Cara kedua yaitu dengan menaburkan tepung di atas sarangnya, lalu beri air. Cara ini akan membunuh semut secara efektif.

8. Insektisida

Menggunakan insektisida untuk membersihkan rumah dari semut yang menggangu juga sangat efektif. Cukup semprotkan bahan kimia satu ini ke deretan semut.

Hanya saja, hati-hati menggunakan bahan kimia satu ini. Jangan sampai terhirup atau dikonsumsi karena bisa menimbulkan efek yang fatal.

Jika sudah terlanjur terhirup atau mengenai anggota tubuh dan bereaksi negatif, segera hubungi dokter, ya!

Gak pakai ribet! Cuma dari handphone aja kamu sudah bisa chat dokter sepuasnya, lho.

Dapatkan manfaat asuransi kesehatan online dari Rey, mulai dari chat dokter sepuasnya, tebus obat gratis, hingga cover rawat inap!

Info selengkapnya klik di sini!

9. Bubuk Asam Borat

Sama halnya dengan insektisida, asam borat juga ampuh untuk membunuh semut yang mengganggu. Hanya saja, hatu-hati saat menggunakan asam borat karena kandungan kimianya sangat berbahaya untuk manusia.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur setengah sdt asam borat dengan 8 sdm gula dan 1 cangkir air hangat. Setelah tercampur, celupkan kapas dan letakkan kapas tersebut ke sudut rumah yang banyak semutnya.

10. Lada Hitam

Bahan-bahan alami yang biasanya tersedia di rumah selanjutnya yang ampuh mengatasi semut yaitu bubuk lada hitam.

Bumbu dapur satu memiliki bau yang kuat sehingga tidak disukai semut. Cara menggunakan lada untuk mengatasi semut juga mudah, cukup taburkan di area yang banyak dijumpai semut.

11. Kapur

Salah satu cara untuk mengusir semut adalah menggunakan kapur.

Kapur mengandung kalsium karbonat yang ampuh untuk mengusir semut. Cara mengusir semut dengan kapur juga mudah, cukup taburkan bubuk kapur ke sarang semut dan tunggu beberapa waktu hingga hewan tersebut pergi dari rumahmu.

12. Silikon Dioksida

Zat kimia satu ini terkenal ampuh mengatasu gangguan serangga, termasuk semut. Untuk menggunakan bahan kimia satu ini, kamu bisa mengikuti petunjuk penggunaan.

Cara kerja silikon dioksida yaitu dengan menyerap cairan yang ada di tubuh mereka sehingga semut akan mengalami dehidrasi dan mati.

13. Detergen cair dan Sabun Cuci Piring

Cara selanjutnya yang bisa mengusir semut yaitu dengan menggunakan detergen cair yang dicampur dengan sabun pencuci piring.

Semprotkan campuran dua bahan pembersih tersebut ke area yang banyak semutnya. Cara ini bisa mengatasi semut dan mencegahnya datang lagi.

14. Air Panas

Cara mengusir semut adalah dengan air panas.

Cara mengusir semut selanjutnya yaitu dengan menuangkan air yang sangat panas ke . Cara ini secara otomatis akan membunuh semut di berada di dalam sarangnya.

Pastikan kalau air panas yang kamu tuang masuk ke dalam sarang semut dengan sempurna supaya semut yang ada di dalamnya terkena seluruhnya.

15. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki aroma yang kuat sehingga tidak disukai semut. Cara mengusir semut dengan minyak esensial satu ini cukup mudah, yaitu dengan mencampur tea tree oil dengan air.

Selanjutnya masukkan ke dalam botol dan semprot ke wilayah yang banyak semutnya. Atau kamu bisa mencelupkan kapas ke dalam campuran air tadi dan letakkan diruangan yang banyak semutnya.

16. Bersihkan Rumah

Bersihkan pekarangan rumah dari tanaman yang tumbuh dekat dengan tembok. Biasanya tanaman seperti itu membuat semut mudah masuh ke dalam rumah.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk rajin pel area rumah, terutama dapur yang biasanya banyak bahan makanan jatuh ke lantai dan mengundang semut masuk.

Saat membersihkan rumah, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan banyak minum air putih.

Ingat, ya! Kebutuhan air minum manusia per harinya yaitu minimal sebanyak 2 liter per hari. 

Kamu sering lupa minum air putih? Tenang aja! Ada Rey yang bakal ngingetin kamu untuk minum air putih setiap harinya.

Tentukan ukuran gelas yang kamu pakai dan capai target kebutuhan cairan kamu perharinya dengan ReyFit. Eits, kamu juga bakal dapat reward berupa ReyCoin jika target minum kamu tercapai, lho.

Menarik, kan? Yuk, klik di sini untuk informasi selanjutnya.

Pertanyaan Seputar Cara Mengusir Semut

Nah itu tadi penjelasan bagaimana cara mengusir semut. Kalau kamu punya tips ampuh lain untuk mengusir semut, silahkan sharing di kolom komentar, ya!

Sekarang, yuk kita bahas beberapa pertanyaan seputar cara mengusir semut.

Bau Apa yang Dibenci Semut?

Bau yang dibenci semut antara lain, yaitu lavender, eucalyptus, basil, mint, oregano, thyme. Semua tanaman tersebut memiliki aroma yang bisa mengusir semut karena semuanya mengandung linalool, yang merupakan pengusir hama yang efektif.

Minyak atsiri seperti pepermin, lavender, dan timi juga bekerja dengan baik untuk mengusir semut. Kamu bisa menggunakan diffuser, menyiapkan piring berisi minyak esensial, atau membiarkan bola kapas yang direndam dalam minyak esensial untuk mencegah semut pengganggu.

Bumbu Apa yang Dibenci Semut?

Tidak hanya bau, ada beberapa bumbu yang dibenci semut seperti bawang putih, kayu manis, dan cabai rawit.

Bumbu lain yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah bubuk cabe atau bubuk lada. Caranya cukup mudah, jika kamu melihat deresan semut yang mengular, tinggal tuangkan saja bubuk cabe ke atasnya.

Kenapa Tiba-Tiba Banyak Semut di Rumah?

Rumah yang tidak dijaga kebersihannya dengan membiarkan sumber makanan yang disukai semut tercecer dimana-mana biasanya akan mengundang hewan satu itu datang.

Itulah sebabnya cegah semut datang ke rumah dengan rutin membersihkan area rumah, terutama dapur, supaya kamu tidak terganggu.

Baca Juga: Alami, 8 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Penutup

Demikian informasi mengenai cara mengusir semut lengkap dengan penyebab hewan kecil tersebut masuk ke area rumah.

Jaga rumahmu dari berbagai hama seperti semut sebelum mengganggu aktivitas hingga kesehatanmu.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan karena hama yang menyerang lingkunganmu, segeralah konsultasikan ke dokter.

Yuk, coba 2 bulan chat dokter sepuasnya + klaim obat GRATIS!

Klik banner di bawah untuk info selengkapnya, ya!

Coba Gratis Rey untuk 2 bulan! Chat dokter dan klaim obat gratis bisa kamu cobain dulu!

Miska Syahirah
Miska Syahirah

Mulai menulis sejak bergabung dengan pers mahasiswa. Saat ini masih terus mengasah ragam jenis tulisan dan berharap banyak pembaca yang terbantu dengan karya kecil-kecilan saya.

Kembali
Rekomendasi Artikel
July 11, 2023
Apa Itu Ghosting dalam Bahasa Gaul? 4 Cara Biar Gak Jadi Korban

Istilah ghosting sekarang semakin ramai dibicarakan oleh orang, tapi sebenarnya apa itu ghosting? Apakah ghosting artinya dihantui? Bukan, bukan. Hampir...

Dwi Julianti Dwi Julianti
7 menit membaca
April 5, 2023
Berjiwa Pemimpin, Intip 11 Sifat dan Karakter Zodiak Leo

Beberapa orang berpendapat bahwa karakter seseorang bisa dikenali melalui zodiak yang dimiliki.  Hal ini membuat...

Suhartantowi Lauw Suhartantowi Lauw
7 menit membaca
March 7, 2023
75+ Kata-Kata Puasa Lucu Gokil dan Bikin Ngakak!

Saat menjalankan ibadah puasa, kamu tidak hanya perlu menghindari aktivitas yang membatalkan puasa. Yap, meningkatkan...

Dwi Julianti Dwi Julianti
8 menit membaca